Minggu, 15 Januari 2012

KARANGAN EKSPOSISI BULAN BAHASAKU



Peringatan bulan bahasa di SMPN 8 Malang sudah sering diadakan setiap tahunnya, kegiatan ini dilakukan setiap tanggal 22 Oktober. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi seluruh siswa SMPN 8 Malang, karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan di bidang karya sastra bahasa Indonesia. Kegiatan ini juga menjadi pengalaman baru bagi murid kelas 7. Kegiatan bulan bahasa ini jarang dilakukan oleh sekolah- sekolah lain, tetapi di SMPN 8 Malang, masih dapat memperingati bulan bahasa ini dengan diadakannya pameran bulan bahasa.
Peringatan Bulan Bahasa di SMPN 8 Malang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 22 Oktober 2011, pukul 06.00 sampai pukul 15.00 WIB. Peringatan bulan bahasa dilaksanakan di ruang Bahasa Indonesia 1, 2 dan 3. Di ruang Bahasa Indoesia 1 digunakan untuk memamerkan karya- karya sastra hasil dari perwakilan setiap kelas yang disusun dan ditata secara rapi, di ruang Bahasa Indonesia 2 digunakan untuk memamerkan buku- buku dan ensiklopedia yang berhubungan dengan Bahasa Indonesia, sedangkan di ruang Bahasa Indonesia 3 digunakan untuk lomba cipta dan tulis  puisi dan lomba menulis cerpen, yang diikuti beberapa guru dan perwakilan siswa dari setiap kelas. Yang dilaksanakan tanggal 15, 21dan 22 Oktober.
Kegiatan ini diselenggarakan oleh seluruh guru Bahasa Indonesia SMPN 8 Malang, dan diikuti oleh seluruh siswa SMPN 8 Malang.Kegiatan ini dapat menjadi sumber informasi yang baru dan bermanfaat bagi seluruh siswa SMPN 8 Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh Kelas 7, kelas 8, dan kelas 9, secara bergiliran. Siswa dapat masuk ke ruang Bahasa Indonesia saat istirahat. Siswa yang masuk ke dalam ruang Bahasa Indonesia, membawa buku untuk mencatat apa saja yang ada di dalam pameran bulan bahasa, dan membuat karangan yang berasal dari hasil analisisnya.
Diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa membuat karya satranya sendiri, memberikan pengalam dan wawasan baru yang sangat berharga, sebagai sarana pengetahuan tentang karya sastra Indonesia,dll. Di ruang Bahasa Indonesia 3 juga digunakan untuk tempat menonton film yang diadakan oleh panitia penyelenggara, setelah itu ruang Bahasa Indonesia digunakan untuk lomba- lomba yang masih tersisa.

Mading disusun oleh tim kreatif dari setiap kelas 9, yang berisi tentang berbagai jenis  karya sastra,dll. Contohnya puisi, pantun, tajuk, iklan. Tugas dari tim kreatif ini adalah untuk menyusun mading dengan berbagai tema yang berbeda. Tema dari mading tersebut ditentukan oleh panitia penyelenggara bulan bahasa, Sedangkan untuk kumpulan puisi, cerpen dll, merupakan karya sastra siswa yang dikumpulkan, dan dibukukan oleh guru- guru bahasa Indonesia yang digunakan untuk kegiatan bulan bahasa.
Di ruang Bahasa Indonesia 1 dan 2 Banyak dipamerkan berbagai karya sastra, dan berbagai buku- buku bahasa Indonesia di antaranya:
-       Mading yang berisi berbagai karya sastra
-       Kumpulan puisi, tajuk, pantun
-       Kumpulan dongeng, cerpen, dan novel
-       Ensiklopedia bahasa Indonesia
-       Kumpulan naskah drama
-       Macam-macam slogan dan poster
-       Buku- buku bahasa Indonesia
-       Dan lain lain

Pada saat pramuka siswa kelas 7 diizinkan untuk melihat pameran bulan bahasa secara bergiliran, dari kelas A sampai E lalu kelas F sampai H. Dan setelah selesai, siswa pulang dan meninggalkan ruang Bahasa Indonesia, setelah itu hanya siswa yang mengikuti lomba yang tetap berada di ruang Bahasa Indonesia. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tertib. Setelah siswa dan guru selesai mengikuti lomba, para panitia dibantu beberapa siswa merapikan kembali buku-buku yang ada di ruang Bahasa Indonesia 1 dan Bahasa Indonesia 2.

2 komentar: